MYOB Accounting
merupakan paket program komputer untuk olahdata akuntansi yang dibuat
secara terpadu (integrated software). Program dibuat oleh MYOB Limited
Australia, selanjutnya software ini telah dipakai dan dikembangkan di
beberapa negara lain. MYOB sudah menyediakan chart of account (daftar
rekening) siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis
perusahan.
MYOB Accounting mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya
• Mudah digunakan (user friendly), Mudah dimengerti oleh orang awam
yang tidak mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang komputer dan
akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada
berbagai jenis usaha.
• Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat,
Terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis,
meliputi : neraca saldo, neraca, laporan rugi laba, laporan pembelian
dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, persediaan barang
dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
• Kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah, Dilengkapi dengan
fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar
komputer atau dicetak ke printer.
• Sistem sekuriti yang memadai, Dilengkapi dengan sistem sekuriti
memadai berupa Password yang dapat ditentukan dalam beberapa level.
• Laporan keuangan dapat diaktifkan dengan Microsoft Excel dan Microsoft Word.
• Laporan keuangan komparasi, Menyajikan laporan keuangan komparasi
baik neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis
bulan lalu atau tahun sebelumnya.
Fasilitas dan Cara Kerja MYOB Accounting Plus V.12
Kelengkapan fasilitas MYOB Accounting Plus ditunjukkan dengan modul
akuntansi yang dapat ditangani. Modul tersebut bekerja secara terpadu
(integrated) dengan tingkat koordinasi yang sangat tinggi sehingga
pekerjaan yang dilakukan oleh satu bagian akan berpengaruh ke bagian
yang lain (Linked Accounts). Program MYOB dapat digunakan secara
efektif dan efisien dengan cara memahami proses kerja program dalam
kaitan dengan proses akuntansi (accounting process). Proses akuntansi
dengan MYOB diawali dengan dicatat data awal perusahaan dan berakhir
disusun laporan keuangan. Adapun penjelasan tentang fungsi
masing-masing modul kaitannya dengan proses akuntansi menggunakan MYOB
Accounting Plus V.12 adalah sebagai berikut:
Accounts, Fasilitas ini berfungsi untuk mencatat data awal perusahaan
berupa pencatatan rekening, proses pencatatan transaksi dan proses
penjurnalan transaksi.
Banking, Berfungsi untuk mencatat, mencetak bukti transaksi dan laporan
keuangan perusahaan yang dalam transaksinya mengunakan modul Chequebook.
Sales, Berfungsi untuk mencatat, menampilkan dan mencetak bukti
transaksi serta laporan termasuk analisis penjualan barang dan jasa.
Time Billing, Digunakan untuk mencatat transaksi penjualan jasa yang
termasuk dalam daftar aktivitas (activity list) yang dicatat melalui
menu Time Billing (untuk MYOB V.13).
Purchases, Berfungsi untuk mencatat, menampilkan, dan mencetak bukti
transaksi serta laporan termasuk analisis pembelian barang dan jasa.
Payroll, Digunakan untuk mencatat transaksi penggajian karyawan atau
pegawai, meliputi perhitungan gaji pokok, bonus dan perhitungan pajak
penghasilan karyawan (untuk MYOB V.13).
Inventory, Berfungsi untuk mencatat data barang yang diperjual belikan,
menentukan dan mengubah harga jual serta administrasi persediaan barang.
Card File, Card File berfungsi untuk mengarsipkan data pelanggan,
pemasok, data karyawan yang terkait dengan transaksi pembelian dan
penjualan barang dagangan atau jasa.
keren nih postingan nya,..
BalasHapusterimaksih info ya